kaca film menyebabkan kaca pecah

Apakah Kaca Film Bisa Menyebabkan Kaca Retak dan Pecah?

Artikel kali ini membahas kaca film bisa menyebabkan kaca retak dan pecah. Jangan berhenti sampai disini, mari kita ungkap faktanya bersama. Judul artikel ini merupakan salah satu yang pernah ditanyakan oleh pelanggan kami. Juga merupakan mitos yang masih sering diyakini oleh orang awam, yang menurut Tintedwall perlu diluruskan.

Kaca pada sebuah bidang, baik yang dipasang sebagai jendela, sekat/dinding ruangan atau diset sebagai langit-langit memiliki kerentanan yang berbeda. Paling tidak, kami merumuskan terdapat 5 hal berupa tekanan/stress yang bisa menyebabkan kaca retak dan pecah.


  1. Mechanical Flexing Stress: biasa terjadi akibat kencangnya dorongan angin
  2. Impact Stress: tekanan akibat hantaman benda langsung seperti dilempar batu atau kesengajaan manusia
  3. Twisting Stress: tekanan akibat ketidakrataan pemasangan margin bidang atau kesengajaan menekuk kaca
  4. Tensile Stress: tekanan karena berat kaca itu sendiri
  5. Thermal Stress: tekanan akibat paparan sinar matahari

Nah yang terakhir ini, thermal stress, yang mungkin saja bisa diakibatkan karena kaca film. Apalagi material kaca film yang murah dan palsu. Sehingga tidak sesuai dengan spesifikasi tertulisnya. Maka dari itu ada baiknya Anda berkonsultasi terlebih dulu dengan Tintedwall mengenai pemilihan kaca film yang cocok dan kuat untuk negara tropis seperti Indonesia. Dan menurut kami persentase pecahnya sebuah kaca karena pemasangan kaca film hanya sekitar 2% dari banyaknya kasus kaca pecah. Untuk lebih mengenal kaca film Anda bisa membaca artikel kami sebelumnya.

Lalu berapa lama kaca film akan awet bertahan? Efektivitas sebuah kaca film bergantung pada banyak faktor yang mempengaruhi. Jenis kaca film, jenis kaca, tipe konstruksi yang digunakan dan lain-lainnya. Jika Anda menginginkan kepastian pilihlah material dan brand kaca film yang menawarkan garansi. Biasanya, garansi kaca film berkisar antara lima, sepuluh atau sampai limabelas tahun.

Tulis Komentar