tintedwall_cara_kerja_kaca_film_mobil

Cara Kerja Kaca Film Mobil Mengurangi Panas pt. 1

Biasanya pemilik mobil akan menanyakan bagaimana cara kerja kaca film mobil dalam mengurangi panas dan menormalkan suhu di dalam interior mobil. Kali ini Tintedwall akan membahas hal ini.

Perlu diketahui sejak awal, pemasangan kaca film mobil bukan hanya untuk memberikan privasi lebih agar orang lain tidak bisa melihat Anda dari luar mobil. Melainkan juga membantu menghalangi sinar matahari dan suhu panas yang dihantarkannya. Sehingga mampu untuk menurunkan suhu keseluruhan kendaraan.

Kenyataan bahwa sebuah lapisan film akan membantu menormalkan suhu panas di dalam mobil mungkin agak mengagetkan. Namun terdapat alasan ilmiah untuk hal ini.

Cara Kerja Kaca Film Mobil

Sebuah kaca film terbuat dari polyester, beberapa film menggunakan lapisan tipis atau layer berwarna-warni dan terdapat uraian serbuk logam yang melapisi permukaannya. Kombinasi lapisan ini lah yang sanggup untuk menghentikan hantaran suhu panas dari sinar matahari langsung.

Terdapat juga teknologi yang cukup canggih dalam pembuatan kaca film mobil yang memberi peningkatan pada cara kerjanya. Yaitu dengan teknologi keramik nano karbon. Proses ini diperoleh dari kombinasi partikel keramik dan karbon untuk memberikan hasil warna yang apik dan maksimal (hitam/silver/hijau/biru) dengan tingkat prevensi atau penolakan panas yang tinggi. Ini juga disertai dengan daya tahan dan umur yang panjang dari kaca film tersebut.

Cara Membaca Teknologi Sebuah Kaca Film Mobil

Cara mengetahui seberapa efektif ialah dengan melihat peringkat transmisi cahayanya. Istilah VLT% mengacu pada banyaknya cahaya tampak ditransmisikan melalui warnanya. Sedangkan VLA% menunjukkan berapa banyak cahaya yang diserap oleh warna. Lalu ada juga VLR% yang menunjukkan seberapa banyak cahaya yang dipantulkan kembali ke permukaan.

Untuk mengerti istilah persentase tersebut, bayangkan saja sebuah mobil yang tak dipasangi kaca film. Kaca mobil ini akan mentransmisikan atau akan menghantarkan sebanyak 90% cahaya. Maka VLT% akan tertulis 90. Kaca mobil ini juga akan mendapatkan rating VLA 5 yang artinya penyerapan suhunya hanya sekitar 5%. Demikian juga, rating VLR-nya juga 5. Kesimpulannya, sebagian besar sinar matahari akan leluasa memasuki interior mobil melalui kaca ini tanpa ada penyaringan atau pengaturan suhu panas.

Tulis Komentar