spesifikasi dan tingkatan kaca film

Spesifikasi dan Tingkatan Kaca Film

Kali ini Tintedwall mengajak Anda memahami spesifikasi dan tingkatan kaca film. Seperti yang sudah kami kemukakan di artikel-artikel sebelumnya. Bahwa jika ingin menambah level estetika dan privasi di rumah dan kantor, pemasangan kaca film bisa menjadi solusi yang hemat dan apik. Dengan pemikiran jika, kelambu dan tirai memang memiliki fungsi dan benefitnya sendiri, namun perangkat ini tidak bisa melindungi seperti kaca film melindungi Anda dalam hal privasi dan kualitas kesehatan.

Sementara pemasangan kaca film bisa menjadi solusi utama. Anda paling tidak harus mengenal mengenai karakteristik kaca film atau memahami bagaimana fungsi dan cara kerja kaca film ini.

Berbeda dengan tirai atau kelambu. Kaca film tidak perlu dicuci secara periodikal dan tidak akan menjadi sarang penyakit dan serangga jika dibiarkan terlalu lama. Selain itu, terdapat banyak jenis kaca film. Diukur dari parameter berupa persentase kemampuan menangkal masuknya paparan sinar dan cahaya matahari.

Memahami Transmisi Paparan Sinar Matahari pada Kaca Film

 

Yang perlu Anda ketahui disini ialah bahwa persentase ini bukan menjelaskan warna kaca film tersebut, melainkan sebagai penjelasan tentang persentase banyaknya transmisi yang ditangkal dan yang bisa masuk dalam ruangan.

Semakin tinggi angka persentase yang tercantum dalam spesifikasi dan tingkatan kaca film tersebut. Maka semakin banyak cahaya yang ditransmisikan. Transmisi sinar atau cahaya ini disebut dengan VLT atau visible light transmission. Sebuah kaca film dengan spesifikasi 25% VLT akan mentransmisikan 25% cahaya kasat mata. Sedangkan kaca film dengan spesifikasi 90% VLT akan menangkal sejumlah 10% sinar matahari.

Memilih persentase VLT yang paling sesuai dengan keinginan Anda membutuhkan pemahaman Anda sendiri. Ini mengenai pertimbangan antara level privasi yang Anda butuhkan, perlindungan penghuni sekaligus furnitur dan perabot dalam ruangan, serta seberapa banyak sinar yang Anda butuhkan untuk masuk dan menerangi ruangan. Disinilah terdapat variasi dan jumlah jenis kaca film yang banyak, yang bisa Anda pilih.

Selain itu pertimbangkan juga seberapa lama Anda bakal menghabiskan waktu di ruangan tersebut. Jika Anda menghabiskan 8-12 jam di ruangan tersebut dalam sehari. Maka spesifikasi kaca film dengan VLT sejumlah 10% atau 20% akan terasa terlalu gelap. Namun jika Anda hanya menggunakan ruangan tersebut di sore hari maka persentase 10-20% terasa sudah tepat.

Sekarang Anda telah mengetahui adanya VLT dalam setiap kaca film. Pertimbangan yang Anda ambil akan semakin matang dan tepat untuk rumah atau kantor Anda. Memilih spesifikasi dan tingkatan kaca film pun menjadi semakin mengerucut dan Anda akan menjadi benar-benar tahu yang Anda butuhkan. Pertimbangkan mana yang terbaik bagi Anda.

Tulis Komentar